Dua Daerah di Muratara Alami Kekeringan

Beberapa hari terakhir SP4 Setia Marga Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mengalami kekeringan. Sehingga warga kesulitan mendapatkan air bersih dan Mandi Cuci dan Kakus (MCK).

Menyikapi persoalan masyarakat tersebut Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Muratara membagikan air bersih secara gratis.

loading...

Kepala Dinsos Muratara, Zainal Arifin Daud mengaku mendapatkan informasi di Media Sosial (Medsos) bahwa SP4 Setia Marga mengalami kekeringan, sungai, sumur milik masyarakat, termasuk sumur bor semua kering.

“Saya lihat di Medsos sudah ramai membahas kekeringan SP4 maka saya lakukan pembagian air bersih secara gratis kepada masyarakat. Kering kerontang nian kasihan melihat masyarakat,” katanya kepada Linggau Pos, Jumat (24/8).

Dinsos sudah dua kali mendistribusikan air bersih ke SP4 Setia Marga.

“Pertama pada Senin (20/8) dan Kamis (23/8). Kita jadwalkan dua hari sekali mendistribusikan air bersih ke SP4 Setia,” ucapnya.

Menurutnya air yang sudah didistribusikan 48 ribu liter. Kalau masyarakat ingin mengambil air ke sungai di Karang Dapo dengan jarak tempuh 12 Kilometer (Km) pulang pergi (PP).

“Kalau masyarakat ambil sendiri air ke sungai di Karang Dapo jaraknya 12 KM PP,” tambahnya.

Menurutnya ada dua daerah mengalami kekeringan selain SP4 Setia Marga dan SP5 Binakarya. Namun pihaknya belum mendistribusikan air ke daerah tersebut karena terkendala jalan rusak.

“Sopir tengki tidak sanggup ke lokasi jalan rusak berat, sehingga belum bisa membagikan air bersih ke sana,” ungkapnya.

Source link / Linggau Pos