404 Not Found

Maaf, halaman yang anda cari tidak tersedia atau URL yang Anda inputkan salah

Sering Dijadikan Lalapan Ini Dia Beberapa Manfaat Tersembunyi Dari Petai

Petai, pete (IPA:pətɛ), atau mlanding (Parkia speciosa) merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae), anak-suku petai-petaian (Mimosoidae). Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Bijinya, yang disebut “petai” juga, dikonsumsi ketika masih muda, baik segar maupun direbus. Biji petai, yang berbau khas dan agak mirip dengan jengkol, dikonsumsi segar maupun dijadikan bahan campuran sejumlah menu. Sambal goreng hati tidak lengkap tanpa petai. Sambal petai juga merupakan menu dengan petai. Berikut kandungan dari setiap 100 gram petai mentah:
• Protein: 6-27,5 gram
• Lemak: 1,6-13,3 gram
• Karbohidrat: 13,2-52,9 gram
• Kalori: 91,0-441,5 Kkal
• Kalsium: 108-265,1 mg
• Zat besi: 2,2-2,7 mg
• Fosfor: 115,0
• Potasium: 341,0
• Magnesium: 29,0 mg
• Vitamin C: 19,3 mg

Berikut manfaat dari petai bagi kesehatan:
1. Mencegah anemia
Manfaat petai dalam mengatasi anemia dari kandungan zat besi yang cukup tinggi. Mengonsumsi petai dalam jumlah cukup akan membantu mencukupi kebutuhan zat besi untuk menciptakan sel darah merah baru. Menurut Fakultas Kesehatan Physiology, Universitas Kebangsaan Malaysia, zat besi dalam petai dapat digunakan untuk obat anemia, depresi, stres, sindrom pra-menstruasi, hingga cacingan.

2. Meningkatkan kesehatan mental
Petai juga mengandung zat-zat yang dapat meningkatkan kesehatan mental. Buah ini mengandung asam amino triptofan yang dibutuhkan tubuh untuk produksi serotonin, neurotransmiter yang berperan dalam mengatur suasana hati dan menjaga keseimbangan emosi. Mengonsumsi petai dapat membantu mengurangi gejala depresi dan meningkatkan suasana hati secara alami.

3. Menjaga kesehatan kulit
Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam petai dapat berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin C membantu produksi kolagen, protein yang penting untuk kekuatan dan elastisitas kulit. Antioksidan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan penuaan dini. Mengonsumsi petai dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, bersinar, dan terhindar dari masalah kulit seperti jerawat dan keriput.

4. Menjaga kesehatan jantung
petai juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, petai mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung karena mampu mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan berbagai gejala penyakit jantung lainnya.

5. Membantu Mengobati Sembelit
Susah buang air besar tentu akan membuat perut terasa penuh dan tidak nyaman. Kondisi ini terjadi karena tubuh kamu kekurangan serat. Kamu bisa mencoba atasi dengan petai. tidak akan sulit buang air besar.

Demikianlah beberapa manfaat dari petai yang wajib kamu ketahui.

Tips Mengatasi Sakit Kepala, Yuk Simak!

Sakit kepala Terasa nyeri di bagian kepala, mulai dari nyeri barat hingga ringan, yang mungkin diiringi dengan gejala lainnya. Sakit kepala dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit. Misalnya kurang tidur, kacamata dengan resep salah, stres, suara bising, atau penutup kepala yang ketat. Berikut tips mengatasi sakit kepala:

1. Beristirahat di tempat redup atau gela
Bila kamu sakit kepala beranjak dulu dari tempat duduk dan beristirahatlah di tempat yang minim cahaya. Matikan lampu dan tutup jendela dengan merapatkan tirai. Buat suasana ruangan setenang mungkin dan jauh dari keramaian. Apabila kamu sedang keluar rumah untuk beraktivitas, dapat mengenakan kacamata hitam bisa menjadi cara untuk menghilangkan sakit kepala tanpa obat.

2. Lakukan pijat ringan
Beberapa penelitian membuktikan, memijat beberapa bagian tubuh bisa membantu menghilangkan sakit kepala secara alami. Melansir Medical News Today, kamu bisa melakukan pijat mandiri untuk sakit kepala di rumah dengan memijat sekitar area di antara alis, leher, pelipis, atau cubit bagian atas hidung selama beberapa menit. Pijat ringan ini dapat membantu meredakan sakit kepala karena otot tegang yang kemungkinan muncul saat stres.

3. Minum air putih
Cara mengatasi sakit kepala tanpa obat selanjutnya adalah dengan minum air putih yang banyak. Idealnya tubuh manusia bisa bekerja optimal dengan kadar cairan yang cukup. Sakit kepala, atau pusing, bisa jadi karena tubuh kekurangan cairan. Maka untuk mengatasinya, tingkatkan konsumsi air putih kamu.

4. Kompres hangat atau dingin
Jika kamu mengalami sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan otot, kompres hangat atau dingin dapat membantu mengurangi keluhan. Apabila kamu mengalami migrain, cobalah mengaplikasikan kompres dingin di dahi kamu selama tidak lebih dari 15 menit. Sedangkan jika kamu mengalami tension type headache, cobalah untuk memberikan kompres hangat di daerah leher atau belakang kepala.

5. Minum obat sakit kepala
Apabila semua cara menghilangkan sakit kepala di atas tidak juga efektif untuk mengatasi keluhan yang dialami, kamu dapat mengonsumsi obat sakit kepala. Beberapa jenis obat sakit kepala yang dapat dibeli di apotek tanpa resep dokter adalah paracetamol dan ibuprofen.

Demikianlah beberapa tips mengatasi sakit kepala yang bisa anda coba, semoga bermanfaat.

Jarang Ada Yang Tahu Ini Dia Manfaat Dari pakis!

Tumbuhan paku, paku-pakuan, atau pakis-pakisan adalah sekelompok tumbuhan dengan sistem pembuluh sejati (Tracheophyta) tetapi tidak pernah menghasilkan biji untuk reproduksi seksualnya. Alih-alih biji, kelompok tumbuhan ini melepaskan spora sebagai alat penyebarluasan dan perbanyakannya, menyerupai kelompok organisme seperti lumut dan fungi. Tumbuhan paku tersebar di seluruh bagian dunia, kecuali daerah bersalju abadi dan lautan, dengan kecenderungan ditemukan tumbuh di tempat-tempat yang tidak subur untuk pertanian. Dalam 100 gram sayur pakis mentah, terkandung berbagai nutrisi sebagai berikut:
• 88,68 gram air
• 34 kkal
• 4,55 gram protein
• 0,40 gram total lipid
• 5,54 gram karbohidrat
• 32 miligram kalsium
• 1,31 miligram zat besi
• 34 miligram magnesium
• 101 miligram fosfor
• 370 miligram kalium
• 1 miligram natrium
• 0,83 miligram zink
• 26,6 miligram vitamin C
• 0,02 miligram thiamin
• 0,21 miligran riboflavin
• 4,98 miligram niacin
• 3.617 IU vitamin A

Berikut manfaat dari pakis bagi kesehatan:
1. Menjaga kepadatan tulang
Manfaat sayur pakis yang pertama datang dari mineral berupa mangan yang menjadi stimulus enzim penguat tulang. Tak hanya itu, mangan juga membantu menjaga kepadatan tulang. Ini penting untuk mencegah terjadinya osteoporosis terutama pada orang lansia.Lebih jauh lagi, mangan juga membantu mengendalikan metabolisme tubuh dan menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Bonusnya, fungsi tiroid juga terkendali sehingga tubuh semakin bugar.

2. Mencegah kanker
Sayur pakis kaya akan kandungan antioksidan sehingga sayuran ini diduga memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit kanker. Antioksidan seperti beta-karoten, vitamin A dan vitamin C melindungi sel dari radikal bebas penyebab kanker dan menstabilkan radikal bebas, sehingga menurunkan risiko kanker.

3. Meningkatkan kesehatan mata
Manfaat sayur pakis selanjutnya adalah kemampuannya dalam meningkatkan kesehatan mata. Ini karena sayur pakis adalah sumber vitamin A yang sangat baik. Vitamin ini dikenal untuk meningkatkan penglihatan dan mencegah rabun senja. Mengutip Clinical Interventions in Aging, vitamin A dalam sayur pakis juga dikenal untuk menurunkan risiko degenerasi makula, glaukoma, penglihatan malam yang buruk, mata kering, bahkan katarak.

4. Menjaga tekanan darah
Peran penting kalium dari daun pakis, riset menunjukkan bahwa kita dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Bagi mereka yang menjalani diet DASH untuk hipertensi, sayur pakis merupakan tambahan yang sangat dianjurkan.

5. Mengontrol Gula Darah
Kandungan serat, antioksidan, dan lemak sehat pada pakis dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Namun, selalu disarankan untuk tetap menjalani pola hidup sehat agar gula darah tetap terkendali.

Demikianlah beberapa manfaat dari pakis untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

Jangan Anggap Remeh! Inilah Khasiat Dari Alang-Alang Untuk Kesehatan

Alang-alang atau ilalang (Imperata cylindrica) adalah sejenis rumput berdaun tajam, yang kerap menjadi gulma di lahan pertanian. Rumput ini juga dikenal dengan nama-namanya yang unik karena memiliki perbedaan nama di beberapa wilayah, diambil dari bahasa daerah, seperti: alalang, halalang (Banjar, Minang), lalang (Melayu, Madura), Amengan (Bali), Eurih (Sunda), rih (Batak), jih (Gayo), re (Sasak, Sumbawa), rii, kii, ki (Flores), rie (Tanimbar), reya (Sulsel), eri, weri, weli (Ambon dan Seram), kusu-kusu (Menado, Ternate dan Tidore), nguusu (Halmahera), wusu, wutsu (Sumba) dan lain-lain. Nama ilmiahnya adalah Imperata cylindrica, dan ditempatkan dalam anak suku Panicoideae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai bladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail, mengacu pada malai bunganya yang berambut putih halus. Orang Belanda menamainya snijgras, karena sisi daunnya yang tajam mudah melukai. Berikut beberapa khasiat dari alang-alang untuk kesehatan.

1. Dapat mengatasi diare
Manfaat akar alang-alang adalah berperan sebagai obat diare, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Manfaat ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi air rebusan akar tanaman tersebut dengan takaran yang tepat. Untuk mencobanya, kamu bisa mencuci 250 gram akar alang-alang, yang kemudian direbus dengan dua gelas air selama 15 menit. Lalu saring air rebusan tersebut, dan minum air yang sudah disaring. Konsumsi air rebusan ini perlu dilakukan segera setelah buang air besar.

2. Mengatasi panas dalam
Khasiat akar alang-alang ini bisa dibilang paling terkenal yakni sebagai obat alami untuk mengatasi panas dalam. Maka dari bila kemudian banyak produk minuman penghilang panas dalam menyertakan akar alang-alang sebagai salah satu komposisinya. Dengan begitu sekarang bagi kamu yang sedang panas dalam tidak akan kerepotan lagi jika ingin memperoleh manfaat dari akar alang-alang karena sudah dapat dikonsumsi dengan lebih mudah dan praktis.

3. Obat mimisan
Hidung berdarah atau sering kita sebut dengan mimisan ternyata dapat diobati dengan akar alang-alang. Khasiat akar alang-alang untuk kesehatan ini bisa kamu dapatkan dengan cara yang mudah. Cukup cuci bersih akar alang-alang, kemudian tumbuk hingga memar dan berair. Setelah itu peras sampai hanya tersisa airnya, kemudian minumlah air sari dari akar.

4. Obat Asma
Manfaat akar alang-alang selanjutnya ternyata juga bisa mengatasi penyakit pernapasan seperti asma. Bahkan untuk mendapatkan manfaat obat asma dari akar alang-alang juga tidak sulit. Cara membuat ramuan tradisional ini adalah dengan menyiapkan 100 gram akar alang-alang, 50 gram sirih, dan 50 gram kencur. Rebus ketiga bahan ini hingga mendidih dengan 200 ml air. Setelah mendidih, ramuan disaring dan diminum secara rutin agar asma dapat berhenti. Namun perlu juga diketahui berbagai pantangan kegiatan dan makanan bagi penderita asma untuk mencegahnya agar tidak sering kambuh.

5. Obat radang ginjal
Manfaat akar alang-alang juga dipercaya sebagai obat radang ginjal yang ampuh, bahkan untuk mengatasi radang ginjal yang sudah parah. Untuk mendapatkan manfaat akar alang-alang sebagai obat radang ginjal, siapkan 30 gr atau secukupnya akar ilalang, potong kecil-kecil rebus dengan 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas kemudian diminum secara rutin 3 kali sehari. Namun tetap mengecek keadaan penyakit kamu.

Demikianlah khasiat dari alang-alang yang wajib kamu ketahui.

 

Ketahui Manfaat Dibalik Segarnya Selasih!

Selasih, tlasih, basil, atau basilikum (Ocimum) adalah segolongan terna yang dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah serta penyegar (tonikum). Berbagai bagian tumbuhan ini berbau dan berasa khas, kadang-kadang langu, harum, atau manis, tergantung kultivarnya. Beberapa di antaranya bahkan dapat membuat mabuk. Beberapa jenis selasih, misalnya kemangi, berasal dari Asia Tenggara, tetapi sebagian besar dianggap berasal dari anak benua India. Berikut ini kandungan zat gizi di dalam 100 gram biji selasih:
• Protein: 14,8 gram (g).
• Lemak: 13,8 g.
• Karbohidrat: 63,8 g.
• Serat: 22,6 g.
• Kalsium: 122 miligram (mg).
• Magnesium: 31,55 g.
• Besi: 2,27 mg.
• Zinc: 2 mg.

Berikut manfaat dari selasih untuk kesehatan:
1. Dapat mencegah anemia
Biji selasih mengandung zat besi yang dapat berpotensi mencegah penyakit anemia defisiensi zat besi adalah kondisi kurangnya zat besi di dalam tubuh. Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan sel darah merah atau hemoglobin. Jika kadar zat besi berkurang, kemampuan tubuh untuk memproduksi sel darah merah juga ikut menurun. Kondisi ini bisa menyebabkan gejala lemas tidak bertenaga, pusing, dan kulit pucat.

2. Menguatkan tulang dan gigi
Biji selasih mengandung kalsium dan magnesium. Mencukupi kebutuhan mineral ini dapat membantu menguatkan tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis alias tulang keropos. Biji selasih juga sering dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan magnesium, terutama jika kamu alergi susu atau intoleransi laktosa.
3. Membantu menurunkan berat badan

Biji selasih ternyata kaya akan kandungan serat. Jika kamu mengkonsumsinya, maka kesehatan saluran pencernaan akan terjaga sehingga kita pun bisa mencegah masalah kesehatan layaknya sembelit. Tak hanya itu, kandungan serat ini bisa menyerap kandungan kolesterol dan gula darah yang berlebihan sehingga tubuh pun akan menjadi lebih sehat. Biji ini mengandung serat, yang dapat memberi kamu sensasi kenyang dalam waktu yang lebih lama, sehingga dapat terhindar dari konsumsi makanan yang berlebihan
4. Menjaga Kesehatan Mata

Biji selasih mengandung vitamin A dalam jumlah yang besar, jika kamu memiliki gangguan penglihatan atau tingkat stres oksidatif tinggi, disarankan untuk mengonsumsi biji selasih. Vitamin A di biji selasih mempunyai peran sebagai antioksidan kuat di retina, dan mencegah perkembangan katarak serta memperlambat timbulnya degenerasi makula.

5. Dapat meredakan stress
Biji selasih dapat menyembuhkan kelelahan, syaraf tegang, migran dan mengurangi depresi. Caranya dengan menyeduh 5gr biji selasih pada 200 cc air lalu minumlah ketika masih hangat dan campurkan madu serta jeruk nipis secukupnya.

Demikianlah beberapa manfaat dari selasih yang dapat kami kutip, semoga bermanfaat.

Pj Wako Buka Seleksi Uji Kompetensi JPT Pratama

LUBUKLINGGAU-Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa membuka kegiatan seleksi uji kompetensi (Job Fit) wawancara terhadap Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Pemkot Lubuklinggau tahun 2024 di Command Center, Rabu (27/3/2024).
Dalam sambutannya, H Trisko Defriyansa mengatakan secara legal formal Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Lubuklinggau telah mengantongi rekomendasi dari Gubernur Sumsel, izin dari Kemendagri dan persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait pelaksanaan kegiatan ini.

“Kami menyadari, sebagai Pj Wali Kota, Pj Bupati maupun Pj Gubernur, terikat dengan regulasi yang berlaku. Dalam SK kami pun dicantumkan beberapa hal terkait kewenangan sebagai Pj, seperti melakukan pembatalan perjanjian kerjasama, melakukan perjanjian kerjasama dan mutasi pegawai,” ungkapnya.
Seleksi JPT Pratama ini dilaksanakan karena pada Mei mendatang, akan terjadi kekosongan jabatan setidaknya empat JPT Pratama karena pejabat yang sekarang akan memasuki masa purnabhakti.

“Uji kompetensi, kemampuan, rekam jejak, portofolio, kualifikasi kepangkatan, pendidikan, pelatihan-pelatihan yang dilakukan, prestasi yang membanggakan daerah tentu akan menjadi pertimbangan khusus,” ungkapnya.
“Kami akan memilih orang-orang yang dapat meningkatkan kinerja Pj wali kota sampai terpilihnya wali kota defenitif, dibutuhkan orang-orang yang berani, berkemauan tinggi, menguasai banyak bidang, loyalitas tinggi dan berkeinginan membawa Kota Lubuklinggau menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.(*/Acm).

Pj Wako : Dibutuhkan Dana Rp 9 M untuk Alkes RSUD Petanang

LUBUKLINGGAU-Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), Erwin Armeidi menghadiri acara pembukaan akreditasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Petanang.
Pj Wali Kota dalam sambutannya menyebutkan Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau telah berupaya dalam pemenuhan sarana dan prasarana di RSUD Petanang, utamanya tenaga medis.
Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), rumah sakit ini telah melakukan kerjasama dengan tujuh orang dokter spesialis serta kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Sehingga beberapa poli, baik poli umum maupun poli spesialis sudah dapat melayani masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Lubuklinggau Utara I bahkan sampai ke daerah tetangga seperti Kabupaten Musi Rawas dan Musi Rawas Utara,” ungkap Trisko.

Pada tahun ini lanjut Trisko, akan mengintervensi anggaran sebesar Rp 9 miliar untuk memenuhi alat kesehatan (alkes). “Kami akan berjuang dari anggaran aspirasi DPRD Povinsi,” ujarnya.
Sementara, Kepala RSUD Petanang, dr Christantono mengatakan kegiatan akreditasi ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan serta sarana prasarana sehingga nantinya RSUD Petanang dapat beroperasi dengan baik dalam upaya melayani kesehatan masyarakat.(*/aaf)

Pj Wali Kota Safari Ramadhan di Masjid Al-Ma’ruf Kelurahan Muara Enim

LUBUKLINGGAU-Pj Wali Kota Lubuklinggau H Trisko Defriyansa dan Pj Sekda, H Tamri bersama tim safari ramadhan pemerintah Kota Lubuklinggau laksanakan safari ramadhan malam ke-16 di Masjid Al Ma’ruf di kelurahan Muara Enim, Kecamatan Lubuklinggau Barat II.
Pj Wali Kota terimakasih sambutan jamaah masjid atas kehadiran dirinya dan tim safari ramadhan di masjid tersebut.
“Kami ucapkan terimakasih dan apresiasi atas penyambutan kehadiran kami. Hal ini kita sama-sama menjalin silaturrahmi sesama muslim dan sebagai anak bangsa dan warga negara,” katanya.
Selain melaksanakan safari, dengan sholat isya dan tarawih berjamaah, usai solat Pj Wali Kota juga berbincang-bincang dengan masyarakat yang hadir di masjid dan menerima beberapa aduan dari masyarakat, salah satunya adalah mengenai lampu jalan di lingkungan masjid tersebut.
Dirinya langsung memanggil sekretaris OPD terkait, yakni sekretaris Dinas Perkim yang hadir , Sodri, untuk menindak lanjuti pemasangan lampu jalan tersebut.
Hadir juga Kepala Kantor Kementerian Agama, Pj Ketua TP PKK, Henita Andriani, sejumlah kepala OPD dilingkungan pemkot Lubuklinggau, Camat Lubuklinggau Barat II.(aaf)

Pj Wako Sampaikan Jawaban Atas PUF Dewan

LUBUKLINGGAU-Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa menghadiri rapat paripurna DPRD Kota Lubuklinggau dengan agenda mendengarkan jawaban eksekutif atas pemandangan umum fraksi-fraksi (PUF) dewan terhadap LKPJ Wali Kota Lubuklinggau tahun 2023 di ruang rapat paripurna DPRD Kota Lubuklinggau, Selasa, (26/3/2024).
Dalam jawabannya, H Trisko Defriyansa mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pimpinan dan fraksi dewan yang telah menyampaikan pemandangan umum terhadap LKPJ Wali Kota Lubuklinggau tahun anggaran 2023.

Menjawab pemandangan umum Fraksi Partai Golkar (FPG), Pj Wako mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada FPG atas apresiasi untuk kinerja Polri dan TNI dalam proses tahapan-tahapan Pemilu 2024, sehingga Kota Lubuklinggau terjaga kondusifitas, aman, nyaman dan lancar.
Selanjutnya terhadap saran pemberian tambahan penghasilan pegawai (TPP) tahun 2024 bagi ASN selama 12 bulan, hal ini sudah dianggarkan pada APBD 2024. Terhadap saran THR Idul Fitri 1445 H untuk dibayarkan secara penuh dan tepat waktu, hal ini telah dianggarkan pada APBD 2024.
Kemudian menjawab atas pandangan umum F-PDIP yang menghimbau agar Pemkot Lubuklinggau tetap menjaga kestabilan harga dan ketersediaan sembilan bahan pokok pada bulan suci Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri, Pemkot Lubuklinggau telah melaksanakan operasi pasar di setiap kecamatan.
Atas pandangan F-PKS terkait kewajiban dalam memenuhi hak-hak atlet Kota Lubuklinggau yang sudah membawa nama baik kota Lubuklinggau dalam event Porprov ke-14 di Kabupaten Lahat, hal ini telah menjadi perhatian Pemkot Lubuklinggau.

Selanjutnya menjawab pemandangan F-PD, terkait perencanaan pembangunan daerah khususnya penyusunan DED (Detail Engineering Design) dapat dijelaskan bahwa DED alun-alun merdeka merupakan perencanaan untuk membangun ruang terbuka publik tengah kota dengan konsep “Taman Iconik” tanpa mengubah fungsi Masjid Agung As-Salam sebagai tempat ibadah kebanggaan masyarakat Kota Lubuklinggau.
Hal ini juga direncanakan dalam rangka penataan dan penertiban pedagang di sekitar Masjid Agung As-Salam, sehingga modernisasi penataan wajah kota ini dapat meningkatkan daya darik wisata dan meningkatkan pendapatan asli daerah.(*/esa).

Pj Wako dan Jajaran Hadiri Peringatan Nuzulul Quran di Masjid Agung Al Baari

LUBUKLINGGU-Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa bersama tim Pemkot Lubuklinggau melaksanakan Safari Ramadhan 1445 H sekaligus memperingati Nuzulul Quran di Masjid Agung Al-Baari Kota Lubuklinggau, Senin (25/3/2024).
Dalam sambutannya, H Trisko Defriyansa mengatakan tujuan Safari Ramadhan yang dilaksanakan setiap tahun adalah untuk meningkatkan tali Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan antar sesama umat Islam) dan Ukhuwah Wathaniyah (persaudaraan sebangsa dan setanah air).
“Selaku sesama, kami layak mengunjungi masjid-masjid yang ada di Kota Lubuklinggau. Pada sisi lain, sebagai anak bangsa dan warga negara, kita juga diharuskan saling menjaga silaturahmi,” ujarnya.
Atas nama Pemkot Lubuklinggau serta jajaran Forkopimda, dirinya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Lubuklinggau yang telah mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 sehingga berjalan lancar, aman dan kondusif.
Masjid Agung Al Baari sambungnya merupakan Masjid Agung lama sedangkan Masjid Agung As Salam baru berdiri pada 1998. Penamaan kedua masjid ini dilakukan setelah lahirnya Pemkot Lubuklinggau pada 2001.
“Di Lapangan Merdeka diberi nama Masjid Agung As-Salam, sementara yang ini Masjid Agung Al-Baari,” tandasnya.
Masjid Agung Al-Baari sendiri diambil dari nama Asmaul Husna yang berarti sang maha pencipta yang menciptakan langit dan bumi. Mudah-mudahan sesuai dengan namanya, Masjid Al-Baari banyak menciptakan kisah-kisah Muttaqin (hamba-hamba Allah yang bertaqwa kepada Allah SWT).
Ketua Masjid Agung Al-Baari, Indra Safei menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pemkot Lubuklinggau serta Forkopimda karena berkenan hadir di Masjid Agung Al-Baari.
“Selama Ramadhan ini sedikitnya 300 jemaah selalu berbuka disini. Hal itu tak lepas dari adanya bantuan dari para donator,” ucapnya.
Tausyiah diisi oleh H Moch Atiq Fahmi Lc.M.Ag. Dalam tausyiahnya Moch Atiq Fahmi menyampaikan dalam suatu rumah apabila dibacakan Alquran akan mendapatkan kelapangan, didatangi malaikat, dijauhi setan dan didekati oleh berbagai kebaikan.
Namun sebaliknya apabila tidak dibacakan Alquran rumah akan sempit, malaikat tidak mau masuk dan sedikit didatangkan kebaikan.
Ikut hadir Kapolres Lubuklinggau, AKBP Indra Arya Yudha, Dandim 0406 Lubuklinggau Letkol Kunto Adi Setiawan, Pj Sekda, H Tamri, Pj Ketua TP PKK, Hj Henita Andriani, Staf Ahli, Asisten, kepala OPD.(*/acm).