Jangan Lakukan Lagi! 10 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Cepat Tua

Sunday, 25 August 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: anlene

Foto: anlene

Bayangan menua dan keriput adalah mimpi buruk bagi setiap wanita. Meskipun menjadi tua adalah hal yang normal dan tidak bisa dihindari, Bunda jelas ingin menua dengan tetap cantik dan sehat seperti Wulan Guritno atau Sophia Latjuba.

Seiring bertambahnya usia, proses internal tubuh dari pergantian sel kulit hingga pemulihan tubuh secara alami melambat dan membutuhkan waktu lebih lama untuk beregenerasi. Hal ini menciptakan ruang untuk munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan kusam pada kulit.

Memang tidak ada cara untuk menghindari perubahan-perubahan tersebut. Namun yang menyebalkan adalah, seringkali perubahan ini terjadi secara tiba-tiba dan lebih awal dari yang diharapkan sehingga disebut penuaan dini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tak sedikit orang terlihat lebih tua dari usia mereka sebenarnya. Kamu mungkin pernah bertanya-tanya bagaimana itu bisa terjadi, bukan? Di samping faktor genetik, ternyata sejumlah kebiasaan buruk yang tak sadar dilakukan sehari-hari dapat mempercepat penuaan dini.

Baca Juga  Wow Segudang Manfaat Tersembunyi Dari Belut

Kebiasaan yang bikin cepat tua itu berkaitan dengan gaya hidup tidak sehat. Agar proses penuaan dini bisa diperlambat, maka kamu dapat menghentikan dan menghindari sejumlah kebiasaan tersebut. Lantas, apa saja kebiasaan buruk itu?

 

Berikut 10 Kebiasaan Buruk yang Bikin Cepat Tua yang dirangkum infolubuklinggau.id

Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat mempercepat proses penuaan. Berikut adalah 10 kebiasaan yang bisa membuat Anda tampak lebih tua dari usia sebenarnya:

  1. Merokok: Merokok merusak kolagen dan elastin di kulit, yang dapat menyebabkan keriput dan garis halus lebih cepat. Selain itu, merokok juga mengurangi aliran darah ke kulit, membuat kulit tampak kusam dan tidak sehat.
  2. Paparan Sinar Matahari Tanpa Perlindungan: Terlalu banyak paparan sinar matahari dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini, seperti keriput, bintik-bintik hitam, dan kehilangan elastisitas kulit. Menggunakan tabir surya dapat membantu melindungi kulit.
  3. Kurang Tidur: Kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas dapat mempercepat penuaan kulit. Selama tidur, tubuh memperbaiki dan memperbaharui sel-sel kulit, sehingga tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan kulit.
  4. Konsumsi Alkohol Berlebihan: Alkohol dapat menghilangkan kelembapan kulit dan menyebabkan dehidrasi, yang dapat mempercepat munculnya keriput dan garis-garis halus. Selain itu, alkohol dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan pada kulit.
  5. Diet Tidak Sehat: Pola makan yang rendah nutrisi, tinggi gula, dan lemak jenuh dapat merusak kulit. Gula berlebih, misalnya, dapat menyebabkan proses yang disebut glikasi, yang merusak kolagen dan elastin.
  6. Kurangnya Aktivitas Fisik: Kurang berolahraga dapat mempengaruhi kesehatan jantung dan sirkulasi darah, yang berdampak pada kesehatan kulit dan elastisitasnya. Olahraga membantu meningkatkan aliran darah dan membawa lebih banyak oksigen serta nutrisi ke kulit.
  7. Stres Berlebihan: Stres kronis dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan menyebabkan masalah seperti jerawat atau keriput. Stres juga dapat mengganggu pola tidur dan mengurangi kesehatan secara keseluruhan.
  8. Kurangnya Hidrasi: Tidak cukup minum air dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kehilangan elastisitas. Air sangat penting untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit.
  9. Penggunaan Produk Perawatan Kulit yang Tidak Sesuai: Menggunakan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit atau produk yang mengandung bahan kimia keras dapat merusak kulit dan mempercepat proses penuaan.
  10. Menekan atau Menggosok Kulit Secara Berlebihan: Menekan, menggosok, atau menarik kulit dengan cara yang keras saat membersihkan wajah atau saat aplikasi produk perawatan dapat menyebabkan kerusakan pada kolagen dan elastin di kulit.
Baca Juga  Jaga Stamina Dengan 9 Kiat Ini!

Demikianlah 10 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Cepat Tua, hindari kebiasaan-kebiasaan ini dan menjaga gaya hidup sehat dapat membantu Anda tampak lebih muda dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

 

 

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Mengenal Lebih Dekat Khasiat Dari Kerang Yang Sayang Jika Dilewatkan!
Tidak Hanya Lezat Jamur Enoki Mempunyai Ragam Manfaat Bagi Tubuh!
Mengenal Manfaat Serta Nilai Gizi Dari Paprika
5 Tips Mengatasi Mata Merah!
Jangan Anggap Remeh Khasiat Dari Buah Pir, Bagi Tubuh!
Ketahui 5 Khasiat Buah Manggis Bagi Kesehatan!
Daftar Minuman Sehat Untuk Penderita Asam Lambung, Minat Mencoba?
Mengulik Berbagai Khasiat Daun Sirih, Yang Sayang Jika Dilewatkan!
Tag :

Berita Terkait

Thursday, 19 September 2024 - 15:06 WIB

Mengenal Lebih Dekat Khasiat Dari Kerang Yang Sayang Jika Dilewatkan!

Thursday, 19 September 2024 - 14:57 WIB

Tidak Hanya Lezat Jamur Enoki Mempunyai Ragam Manfaat Bagi Tubuh!

Thursday, 19 September 2024 - 14:50 WIB

Mengenal Manfaat Serta Nilai Gizi Dari Paprika

Monday, 16 September 2024 - 10:13 WIB

5 Tips Mengatasi Mata Merah!

Wednesday, 11 September 2024 - 15:17 WIB

Jangan Anggap Remeh Khasiat Dari Buah Pir, Bagi Tubuh!

Berita Terbaru

Otomotif

Jenis Karpet Mobil Yang Perlu Kamu Tahu Agar Tidak Salah Pilih!

Thursday, 19 Sep 2024 - 15:23 WIB

Finace

Simak! 5 Alasan Mengapa Anda Harus Menabung

Thursday, 19 Sep 2024 - 15:16 WIB

Health

Mengenal Manfaat Serta Nilai Gizi Dari Paprika

Thursday, 19 Sep 2024 - 14:50 WIB