Segudang Manfaat Tersembunyi Buah Nanas Yang Sayang Jika Dilewatkan!

Monday, 9 September 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

fresh pineapple on dark wooden backgroud

fresh pineapple on dark wooden backgroud

Nanas (Ananas comosus) adalah tumbuhan tropis dengan buah yang dapat dimakan dan tumbuhan yang paling penting secara ekonomi dalam famili Bromeliaceae. Nanas adalah tumbuhan asli Amerika Selatan, dan telah dibudidayakan disana selama berabad-abad. Pengenalan nanas ke Eropa pada abad ke-17 menjadikannya sebagai ikon budaya kemewahan yang signifikan. Sejak tahun 1820-an, nanas telah ditanam secara komersial di rumah kaca dan banyak perkebunan tropis. Selain itu, nanas merupakan buah tropis terpenting ketiga dalam produksi dunia. Pada abad ke-20, Hawaii adalah penghasil nanas yang dominan, terutama untuk Amerika Serikat (AS); namun, pada tahun 2016, Kosta Rika, Brasil, dan Filipina menyumbang hampir sepertiga dari produksi nanas dunia. Berat 1 buah nanas berukuran sedang kira-kira 900–1.000 gram. Dalam 100 gram nanas, terdapat sekitar 40 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

• 0,5 gram protein
• 10 gram karbohidrat
• 1 gram serat
• 58 IU vitamin A
• 48 miligram vitamin C
• 18 mikrogram folat
• 110 miligram kalium
• 12 miligram magnesium

Baca Juga  Catat! Ini Dia Ragam Khasiat Labu Siam, Sayang Untuk Dilewatkan!

Selain itu, buah nanas juga mengandung vitamin B, kolin, selenium, zinc, antioksidan, dan bromelain yang merupakan enzim khas dari nanas. Enzim ini dapat memproduksi zat yang mampu mencegah peradangan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Berikut khasiat dari buah nanas:

1. Mencegah kerutan pada kulit
Manfaat nanas yang bisa dirasakan pada kulit adalah mencegah munculnya kerutan. Hal ini berkat kandungan vitamin C dalam nanas yang bisa meningkatkan produksi kolagen di kulit.
Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengoleskan krim dengan kandungan ekstrak nanas ke kulit wajah. Namun, bila Anda ingin efeknya dirasakan secara umum, bukan hanya di kulit wajah, caranya adalah dengan mengonsumsi buah nanas dan mencukupi asupan vitamin C sehari-hari.

2. Menurunkan berat badan
Jika Anda berencana menurunkan berat badan, tambahkan buah nanas ke dalam menu makan Anda sehari-hari. Selain rendah kalori, nanas juga kaya akan serat yang bisa memberikan efek kenyang lebih lama.
Tak hanya itu, beberapa penelitian juga menunjukkan manfaat buah nanas dalam meningkatkan proses pemecahan lemak. Hal ini dapat membantu penurunan berat badan dan membuat diet Anda lebih efektif.

Baca Juga  Kamu Harus Coba! Konsumsi Bawang merah Dengan Segudang Khasiat

3. Kaya akan antioksidan
Nanas tidak hanya kaya nutrisi, tetapi juga mengandung antioksidan, molekul yang membantu tubuh menangkal stres oksidatif.
Adapun, stres oksidatif terjadi karena banyaknya radikal bebas, molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel yang berkaitan dengan peradangan kronis, melemahnya kesehatan kekebalan tubuh, penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Buah ini sangat kaya akan antioksidan jenis flavonoid dan senyawa fenolik. Studi pada hewan tikus dalam Nutrition & Metabolism menyebutkan, antioksidan nanas mungkin memiliki efek perlindungan jantung. Meski begitu, penelitian terhadap manfaat ini pada manusia masih kurang.
Selain itu, banyak antioksidan dalam nanas dianggap sebagai antioksidan yang terikat, sehingga menghasilkan efek yang bertahan lebih lama.

Baca Juga  Jangan Anggap Remeh Khasiat Dari Buah Pir, Bagi Tubuh!

4. Menurunkan risiko kanker
Kanker merupakan penyakit kronis dengan gejala berupa pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Perkembangan sel tersebut umumnya berkaitan dengan stres oksidatif dan peradangan kronis.
Studi dalam Nutrients mencatat bahwa nanas dan senyawanya, termasuk bromelain, dapat mengurangi risiko kanker dengan meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan.

Studi lainnya menunjukkan bahwa bromelain juga dapat membantu mengobati kanker yang sudah berkembang. Misalnya, bromelain menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan merangsang kematian sel.
Namun, secara keseluruhan, masih perlu adanya studi lanjutan pada manusia untuk membuktikan efektivitas manfaat nanas tersebut.

5. Mengatasi Anemia
Kandungan vitamin C di dalam nanas sangat tinggi. Vitamin C dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi lebih banyak. Nanas juga berperan dalam produksi hemoglobin di dalam tubuh. Oleh karena itu, salah satu manfaat buah nanas untuk kesehatan adalah dapat mencegah dan mengatasi kondisi anemia.

Demikianlah informasi mengenai khasiat buah nanas.

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Mengenal Lebih Dekat Khasiat Dari Kerang Yang Sayang Jika Dilewatkan!
Tidak Hanya Lezat Jamur Enoki Mempunyai Ragam Manfaat Bagi Tubuh!
Mengenal Manfaat Serta Nilai Gizi Dari Paprika
5 Tips Mengatasi Mata Merah!
Jangan Anggap Remeh Khasiat Dari Buah Pir, Bagi Tubuh!
Ketahui 5 Khasiat Buah Manggis Bagi Kesehatan!
Daftar Minuman Sehat Untuk Penderita Asam Lambung, Minat Mencoba?
Mengulik Berbagai Khasiat Daun Sirih, Yang Sayang Jika Dilewatkan!

Berita Terkait

Thursday, 19 September 2024 - 15:06 WIB

Mengenal Lebih Dekat Khasiat Dari Kerang Yang Sayang Jika Dilewatkan!

Thursday, 19 September 2024 - 14:57 WIB

Tidak Hanya Lezat Jamur Enoki Mempunyai Ragam Manfaat Bagi Tubuh!

Thursday, 19 September 2024 - 14:50 WIB

Mengenal Manfaat Serta Nilai Gizi Dari Paprika

Monday, 16 September 2024 - 10:13 WIB

5 Tips Mengatasi Mata Merah!

Wednesday, 11 September 2024 - 15:17 WIB

Jangan Anggap Remeh Khasiat Dari Buah Pir, Bagi Tubuh!

Berita Terbaru

Otomotif

Jenis Karpet Mobil Yang Perlu Kamu Tahu Agar Tidak Salah Pilih!

Thursday, 19 Sep 2024 - 15:23 WIB

Finace

Simak! 5 Alasan Mengapa Anda Harus Menabung

Thursday, 19 Sep 2024 - 15:16 WIB

Health

Mengenal Manfaat Serta Nilai Gizi Dari Paprika

Thursday, 19 Sep 2024 - 14:50 WIB