Tips Mengatur Keuangan Pribadi Di Usia Muda!

Monday, 16 September 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Mereka yang kaya bukanlah mereka yang memiliki penghasilan besar atau bisa membeli barang-barang mewah. Jika tidak bisa mengelola keuangan dengan baik, sebanyak apapun uang yang dimiliki pasti akan cepat habis. Untuk itulah ilmu finansial wajib dimiliki oleh setiap orang. Demi membantu mengelola keuangan dengan lebih baik, bahkan tidak sedikit yang memiliki lebih dari satu rekening hingga memilih tabungan tanpa biaya admin.
Mungkin ada beberapa dari anda yang masih bingung dengan cara mengelola keuangan yang baik. Untuk lebih jelasnya, berikut tips mengelola keuangan pribadi:

1. Menabung
Menabung itu wajib. Mindset seperti ini harus selalu anda tanamkan dan terapkan. Akan tetapi, jangan menabung dari sisa penghasilan. Justru sebaliknya, sisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung di awal bulan.
Menabung di awal bulan ada banyak keuntungannya. Selain memberi jaminan bahwa setiap bulannya bisa menabung, cara ini juga membantu anda mengelola pengeluaran agar lebih selektif.

Baca Juga  Simak! 5 Alasan Mengapa Anda Harus Menabung

2. Buat alokasi anggaran
Cara ini menganut prinsip “Cukup nggak cukup ya dicukup-cukupin”. Setiap bulannya kamu wajib membuat anggaran operasional dengan alokasi biaya anggaran yang sudah ditentukan. Berapa biaya untuk makan dan minum selama di luar rumah, biaya lifestyle seperti kumpul dengan teman, beli buku, dll; dan keperluan biaya bulanan lainnya. Jangan melakukan pengeluaran di luar dari biaya anggaran yang ditentukan. Pola ini baik untuk kamu belajar disiplin terhadap pengeluaran.

3. Tentukan keinginan dan kebutuhan.
Dalam mengelola keuangan haruslah perlu bisa menentukan dan mengetahui perbedaan antara keinginan dan kebutuhan. Dengan demikian, seseorang akan dapat memprioritaskan hal yang lebih penting baik itu jangka panjang maupun jangka pendek.

4. Hindari berutang
Sisa dari pengeluaran dalam sehari dapat anda tabung. Dengan begitu, anda punya simpanan uang dan dapat digunakan di kemudian hari.

Baca Juga  Simak! 5 Alasan Mengapa Anda Harus Menabung

5. Manfaatkan diskon dan promosi
Penjualan banyaknya program diskon, promosipenjualan yang ditawarkan penjual adalah saat yang tepat bagi kita untukmembeli barang. Mengapa demikian? Masa diskon dan promosi penjualan adalahkesempatan bagi kita membeli barang yang kita inginkan dengan harga murah,kesempatan membeli barang lebih banyak, lebih bagus dengan harga lebih murah.Dan tentunya diskon yang didapat bisa disisihkan untuk ditabung atau digunakanuntuk keperluan lain.

Demikianlah beberapa informasi mengenai cara mengatur keuangan, ingatlah menabung sekecil apapun tetap mendapatkan hasil jika anda konsisten dalam menabung.

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Simak! 5 Alasan Mengapa Anda Harus Menabung
Yuk Simak Tips Dan Langkah-langkah Menabung!
Tag :

Berita Terkait

Thursday, 19 September 2024 - 15:16 WIB

Simak! 5 Alasan Mengapa Anda Harus Menabung

Tuesday, 17 September 2024 - 14:48 WIB

Yuk Simak Tips Dan Langkah-langkah Menabung!

Monday, 16 September 2024 - 10:22 WIB

Tips Mengatur Keuangan Pribadi Di Usia Muda!

Berita Terbaru

Otomotif

Jenis Karpet Mobil Yang Perlu Kamu Tahu Agar Tidak Salah Pilih!

Thursday, 19 Sep 2024 - 15:23 WIB

Finace

Simak! 5 Alasan Mengapa Anda Harus Menabung

Thursday, 19 Sep 2024 - 15:16 WIB

Health

Mengenal Manfaat Serta Nilai Gizi Dari Paprika

Thursday, 19 Sep 2024 - 14:50 WIB