Penyebab Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi

Wednesday, 18 September 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ketika sedang berkendara di jalanan yang cukup lengang, seperti di jalan tol, kadang Sahabat pasti terpancing untuk memacu laju kendaraan dengan lebih kencang lagi untuk menguji performa mesin di kendaraan. Biasanya ketika sedang melaju dengan kecepatan tinggi keseimbangan mobil menjadi tidak senyaman ketika mobil melaju pada kecepatan normal. Pengemudi tiba-tiba mulai merasakan mobil bergetar. Getaran yang dihasilkan pada kendaraan janganlah dianggap remeh, karena getaran ini hanya muncul apabila terdapat sistem atau bagian mobil yang tidak ideal sehingga harus segera diperbaiki agar anda bisa lebih nyaman dan aman ketika mengendarai kendaraan.

Berikut beberapa penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi yang perlu anda ketahui, yaitu adalah:

1. Ban

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi yang pertama adalah terjadinya masalah pada ban. Perlu diketahui bahwa untuk setiap kendaraan bermotor, apalagi mobil, ban merupakan salah satu komponen utama yang sangat penting. Sehingga apabila terdapat masalah yang dialami oleh ban, maka hal tersebut akan begitu terasa pada mobil yang sedang anda kendarai, seperti terjadinya getaran.
Umumnya, penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi yaitu karena kondisi ban yang sedang tidak seimbang. Dalam artian, bisa saja jumlah angin yang terdapat di dalam ban berbeda satu sama lain, yang membuat mobil menjadi bergetar ketika dikendarai.

Baca Juga  Simak Penyebab Mobil Diesel Keluar Asap Putih!

2. Shockbreaker

Penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi selanjutnya bisa datang dari shockbreaker. Nah, shockbreaker itu sendiri berfungsi dalam mengurangi atau meredam getaran ketika mobil tengah melaju. Sehingga, apabila bagian satu ini rusak, maka dapat dipastikan mobil akan terus-menerus bergetar secara otomatis.
Umumnya, getaran ini akan muncul ketika mobil sedang melaju di kecepatan yang cukup tinggi. Namun, jika getaran justru bisa dirasakan ketika mobil secara melaju pada kecepatan rendah, maka itu tandanya shockbreaker mobil anda sudah benar-benar dalam keadaan rusak parah.

Baca Juga  Waspada Penyebab Aki Mobil Soak Pemicu Mobil Mogok!

3. As Roda

Penyebab mobil bergetar lainnya yaitu datang dari as roda. Perlu diketahui, apabila mobil anda pernah mengalami kecelakaan sebelumnya, maka ada kemungkinan as roda ini akan rusak.
As roda yang mengalami kerusakan juga bisa membuat perputaran roda menjadi tidak stabil, sehingga menimbulkan getaran, terutama ketika mobil sedang melaju pada kecepatan tinggi. Kerusakan as roda ini bukanlah masalah umum yang sering terjadi, melainkan berpotensi terjadi pada mobil yang memiliki riwayat kecelakaan.

4. Mesin

Penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi selanjutnya adalah terdapat masalah pada mesin. Apabila mesin mobil tidak mendapatkan pasokan bahan bakar yang sesuai, maka hal tersebut akan menimbulkan masalah pada sistem kelistrikan dan kompresi. Tak hanya itu, kopling yang habis dan setelan mobil yang kurang tepat juga diduga mampu mengganggu performa mesin.
Oleh karena itu, salah satu cara mengatasinya adalah dengan melakukan pengecekan pada penyuplaian bahan bakar atau filter bensin pada mobil anda. Selain itu, lakukan pula pengecekan pada komponen mesin, seperti busi dan filter bensin, apakah dalam keadaan kotor dan tersumbat atau tidak.

Baca Juga  6 Trik Agar Mobil Mu Hemat BBM!

5. Engine Mount

Fungsi engine mount adalah untuk menahan bobot mesin mobil. Jika salah satu engine mount rusak maka mesin mobil bergetar keras dan mengalami getaran yang membuat mobil ikut bergetar apalagi jika dalam kecepatan tinggi. Kerusakan Engine mount bukanlah sebuah kerusakan umum. Engine mount dibuat secara khusus sehingga memang berfungsi dengan ketahanan tinggi. Kerusakan engine mount biasanya disebabkan karena mobil pernah mengalami kecelakaan.

Demikianlah beberapa informasi mengenai penyebab mobil bergetar saat di kendarai.

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Jenis Karpet Mobil Yang Perlu Kamu Tahu Agar Tidak Salah Pilih!
Simak Penyebab Mobil Diesel Keluar Asap Putih!
Ketahui Ciri-ciri Aki Yang Harus di Ganti!
Waspada Penyebab Aki Mobil Soak Pemicu Mobil Mogok!
6 Trik Agar Mobil Mu Hemat BBM!
Tips Memilih Mobil Bekas Untuk Dibeli
Waspada Ini Dia Penyebab Dari Rem Blong Pada Mobil!
Jangan Panik! Ini Dia Penyebab AC Mobil Sering Tidak Dingin
Tag :

Berita Terkait

Thursday, 19 September 2024 - 15:23 WIB

Jenis Karpet Mobil Yang Perlu Kamu Tahu Agar Tidak Salah Pilih!

Wednesday, 18 September 2024 - 14:51 WIB

Simak Penyebab Mobil Diesel Keluar Asap Putih!

Wednesday, 18 September 2024 - 14:42 WIB

Ketahui Ciri-ciri Aki Yang Harus di Ganti!

Wednesday, 18 September 2024 - 14:35 WIB

Penyebab Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi

Wednesday, 18 September 2024 - 14:26 WIB

Waspada Penyebab Aki Mobil Soak Pemicu Mobil Mogok!

Berita Terbaru

Otomotif

Jenis Karpet Mobil Yang Perlu Kamu Tahu Agar Tidak Salah Pilih!

Thursday, 19 Sep 2024 - 15:23 WIB

Finace

Simak! 5 Alasan Mengapa Anda Harus Menabung

Thursday, 19 Sep 2024 - 15:16 WIB

Health

Mengenal Manfaat Serta Nilai Gizi Dari Paprika

Thursday, 19 Sep 2024 - 14:50 WIB