Tips Memilih Lahan Kosong Untuk Pembangunan Rumah

Friday, 20 September 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bagi Anda yang ingin punya rumah dengan hasil yang sesuai harapan, membangunnya dari nol adalah pilihan tepat. Dibanding membeli rumah jadi, rumah yang dirancang memakai jasa arsitek di lahan kosong lebih mampu mengakomodasi kebutuhan dan keinginan keluarga. Rumah yang dirancang oleh arsitek tentu terasa lebih nyaman karena kebutuhan ruang, tata ruang, sirkulasi dan lainnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya.

Berikut cara memilih lahan kosong untuk pembangunan rumah:

1. Legalitas

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sebelum membeli lahan untuk rumah tinggal, pastikan lahan memiliki legalitas berupa sertifikat bukti kepemilikan lahan, Surat Tanda Terima Setoran Pajak Bumi dan Bangunan (STTS PBB), Akta Jual Beli Tanah (AJB), dan lain sebagainya.

Agar tidak terkena modus sertifikat bodong, gunakanlah jasa notaris untuk mengurus keaslian sertifikat lahan. Intinya, periksa semua hal terkait legalitas lahan mulai dari peruntukan lahan, keaslian bukti kepemilikan lahan, status pemilik, lokasi lahan, bentuk lahan, ukuran lahan asli, batas-batas atau titik patok pada lahan dan lain sebagainya.

Baca Juga  Tips Merawat Batu Alam Outdoor

2. Situasi dan fasilitas lingkungan sekitar

Pertimbangkan situasi lingkungan sekitar lahan seperti posisi lahan, kawasan serta jarak antara lahan dengan fasilitas umum. Perhatikan pula kondisi sekitar lahan dengan teliti, jangan membeli lahan di lokasi yang rawan bencana banjir, tanah longsor, dekat lintasan kawah gunung berapi, dan sebagainya.

Selain itu, lahan yang berada di perkotaan atau di kawasan elit dan dekat fasilitas umum seperti mall, sekolah, perkantoran, dan lainnya bisa Anda pertimbangkan karena mudah berkembang menjadi area bisnis, sehingga kedepannya nilai/harga jual lahan dan properti Anda pun meningkat.

3. Akses listrik, air, jaringan internet & telepon

Lahan yang baik untuk dijadikan rumah tinggal idealnya memiliki akses listrik dan air yang baik karena dua hal ini sangat vital. Selain kedua hal itu, akses jaringan internet dan telepon juga wajib ada dan terhubung pada rumah tinggal.

Baca Juga  5 Tips Dekor Rumah Minimalis Impian Mu, Yuk Simak!

Karenanya kawasan dan letak lahan memainkan peran penting untuk memastikan adanya akses listrik, air, internet dan telepon. Lahan di perkotaan tentunya lebih mudah mendapat akses listrik, air serta jaringan internet dan telepon dibanding lahan yang berada di pedalaman.

4. Akses jalan

Pilihlah lahan dengan aksesibilitas yang baik demi kemudahan Anda sekeluarga. Makin strategis kawasan dan makin dekat dengan jalan besar, maka harga tanah dan properti Anda kedepannya akan semakin mahal.
Lahan dengan akses jalan yang baik dan bisa dilewati mobil tentu lebih bagus dalam memudahkan Anda saat bepergian dibandingkan lahan yang terletak di dalam gang kecil. Pastikan jalan di sekitar lahan memiliki lebar minimal 6 meter, bisa dilalui 2 mobil, tidak berada di pusat kemacetan serta dekat dengan toko bangunan agar pengangkutan material saat pembangunan lebih mudah dan murah. Setidaknya, jalan di sekitar lahan dapat diakses oleh truk pengangkut barang agar Anda tidak keluar banyak dana untuk membawa material bangunan ke lahan Anda.

Baca Juga  Ketahui Ini Cara Renovasi Rumah Hemat Biaya!

5. Kemiringan lahan

Kemiringan lahan mampu membawa efek positif atau negatif tergantung persepsi Anda. Jika Anda punya budget lebih dan mengutamakan view, maka lahan miring bisa dianggap baik. Namun bila Anda ingin menghemat uang, sebaiknya pilih lahan yang datar. Tanah datar lebih mudah dibangun dan lebih aman untuk struktur dan konstruksi bangunan.

6. Saluran pembuangan

Ketersediaan saluran pembuangan di sekitar lahan juga perlu diperhatikan. Tidak adanya saluran pembuangan akan membuat Anda mengeluarkan uang lebih untuk membuat saluran pembuangan hingga membayar biaya kompensasi ke tetangga yang lahannya dilewati saluran pembuangan rumah Anda. Agar kedepannya tidak memakan banyak biaya, sebaiknya pilih lahan yang letaknya tidak terlalu jauh dengan saluran pembuangan/got/drainase kawasan.

Demikianlah beberapa informasi mengenai memilih lahan kosong.

 

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Tips Merawat Lantai dan Dinding Kayu
Tips Merawat Batu Alam Outdoor
Tips Merawat Lantai dan Dinding Marmer Yang Sayang Jika Dilewatkan!
Ketahui Ini Cara Renovasi Rumah Hemat Biaya!
Tips Mengecat Dinding Rumah Untuk Pemula
5 Tips Dekor Rumah Minimalis Impian Mu, Yuk Simak!
Tag :

Berita Terkait

Friday, 20 September 2024 - 14:19 WIB

Tips Merawat Lantai dan Dinding Kayu

Friday, 20 September 2024 - 14:04 WIB

Tips Merawat Batu Alam Outdoor

Friday, 20 September 2024 - 13:45 WIB

Tips Memilih Lahan Kosong Untuk Pembangunan Rumah

Tuesday, 17 September 2024 - 14:58 WIB

Ketahui Ini Cara Renovasi Rumah Hemat Biaya!

Tuesday, 17 September 2024 - 14:24 WIB

Tips Mengecat Dinding Rumah Untuk Pemula

Berita Terbaru

Desain

Tips Merawat Lantai dan Dinding Kayu

Friday, 20 Sep 2024 - 14:19 WIB

Desain

Tips Merawat Batu Alam Outdoor

Friday, 20 Sep 2024 - 14:04 WIB