5 Gerakan yang Efektif Atasi Perut Buncit

Tuesday, 6 June 2023 - 04:29 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Perut buncit adalah masalah umum yang banyak orang hadapi. 

Gaya hidup yang kurang aktif, pola makan yang tidak sehat, dan faktor genetik dapat menyebabkan penumpukan lemak di sekitar perut. Selain itu, perut buncit juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. 

Namun, dengan gerakan senam yang tepat, Anda dapat mengencangkan otot perut dan membantu mengatasi perut buncit. 

Berikut infolubuklinggau.id berikan 5 gerakan senam yang efektif untuk membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

 

Plank (Posisi Angkat Tubuh)

Gerakan plank melibatkan penguncian otot-otot perut dan punggung. 

Mulailah dengan posisi berbaring telentang, kemudian tekuk lengan Anda dan angkat tubuh Anda dengan bertumpu pada siku dan jari kaki. 

Pastikan tubuh Anda dalam posisi lurus dari kepala hingga tumit. 

Tahan posisi ini selama 30 detik atau lebih jika Anda mampu. 

Gerakan plank akan membantu mengencangkan otot-otot perut, punggung, dan inti tubuh secara keseluruhan.

 

Crunches (Gerakan Sit-Up)

Gerakan crunches adalah gerakan klasik yang fokus pada otot-otot perut. 

Berbaringlah terlentang dengan kaki ditekuk dan kaki datar di lantai. 

Tempatkan tangan di belakang kepala atau di dada. Angkat kepala dan bahu Anda dari lantai dengan kontraksi otot perut.

 Pastikan tidak menggunakan kekuatan leher atau tangan untuk membantu gerakan. 

Turunkan tubuh secara perlahan dan ulangi gerakan ini sebanyak 10 hingga 15 kali. 

Crunches membantu mengencangkan otot-otot rectus abdominis, yang berperan penting dalam membentuk perut rata.

 

Russian Twists

Gerakan Russian twists fokus pada otot-otot perut, pinggul, dan pinggang. 

Duduk di lantai dengan lutut ditekuk dan tumit diangkat. 

Kemudian condongkan tubuh Anda sedikit ke belakang hingga membentuk sudut 45 derajat. 

Lipat tangan di depan dada dan putar tubuh Anda ke kiri, lalu ke kanan, secara bergantian. 

Usahakan agar gerakan ini berasal dari otot perut, dan jangan menggunakan kekuatan tangan. 

Lakukan gerakan ini selama 10 hingga 15 repetisi untuk setiap sisi. 

Gerakan Russian twists membantu mengencangkan otot-otot samping perut dan membakar lemak di area tersebut.

 

Leg Raises (Gerakan Mengangkat Kaki)

Gerakan leg raises melibatkan otot perut bawah dan pinggul. 

Berbaringlah terlentang dengan tangan di samping tubuh atau di bawah pantat Anda. 

Angkat kedua kaki lurus ke atas hingga membentuk sudut 90 derajat dengan tubuh Anda. 

Perlahan-lahan turunkan kaki Anda kembali ke posisi awal tanpa menyentuh lantai. 

Ulangi gerakan ini sebanyak 10 hingga 15 kali. 

Jika Anda ingin tantangan ekstra, coba lakukan gerakan ini dengan memegang stiker di antara kaki Anda. 

Gerakan leg raises efektif dalam mengencangkan otot perut bawah.

 

Bicycle Crunches (Gerakan Bersepeda)

Gerakan bicycle crunches melibatkan otot perut, paha, dan pinggul. 

Berbaringlah terlentang dengan tangan di belakang kepala. 

Tekuk lutut Anda dan angkat kaki Anda dari lantai. 

Baca Juga  Staf Ahli Buka Lomba Lantunan Rangkaian Doa Indah untuk Pengantin

Bawa lutut kiri ke arah dada Anda sambil mengangkat bahu Anda dan membawa siku kanan ke dekat lutut kiri.

Tukar sisi dengan cara yang sama, bergantian antara siku kanan dan lutut kiri. 

Lakukan gerakan ini dalam pola bersepeda selama 10 hingga 15 repetisi. 

Bicycle crunches membantu mengencangkan otot-otot perut dan membakar lemak di sekitar perut.

 

Kesimpulan

Perut buncit dapat diatasi dengan kombinasi gerakan senam yang tepat dan gaya hidup sehat. Plank, crunches, Russian twists, leg raises, dan bicycle crunches adalah gerakan senam yang efektif untuk mengencangkan otot perut dan mengurangi lemak di sekitar perut. 

Pastikan Anda konsisten dalam melakukannya dan selalu konsultasikan dengan dokter atau pelatih fisik sebelum memulai rutinitas senam baru. 

Dengan komitmen dan dedikasi, Anda dapat mencapai perut rata dan sehat yang Anda inginkan.

 

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Seni dan Kreativitas dalam Membantu Kesehatan Mental
Turnamen Voli Wali Kota Cup, Diikuti 14 Tim, Paling Jauh dari Bandung
RSSA-Yayasan Ummi Romlah Gelar Operasi Bibir Sumbing Secara Gratis
7 Cara Atasi Darah Rendah
5 Cara Penanganan Pada Tuberkulosis
Bolehkan Minum Susu Setelah Minum Obat?
Bisakah Kanker Darah Diobati?
Awas! Ini 5 Bahaya Konsumsi Ayam Yang Tidak Matang dengan Sempurna
Tag :

Berita Terkait

Saturday, 29 July 2023 - 13:07 WIB

RSSA-Yayasan Ummi Romlah Gelar Operasi Bibir Sumbing Secara Gratis

Monday, 17 July 2023 - 13:22 WIB

7 Cara Atasi Darah Rendah

Monday, 17 July 2023 - 13:16 WIB

5 Cara Penanganan Pada Tuberkulosis

Monday, 17 July 2023 - 13:10 WIB

Bolehkan Minum Susu Setelah Minum Obat?

Monday, 17 July 2023 - 08:48 WIB

Bisakah Kanker Darah Diobati?

Monday, 17 July 2023 - 08:28 WIB

Awas! Ini 5 Bahaya Konsumsi Ayam Yang Tidak Matang dengan Sempurna

Monday, 17 July 2023 - 07:54 WIB

Susah Tidur di Malam Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Wednesday, 12 July 2023 - 02:45 WIB

Rabies, Penyakit Mematikan yang Bisa Sebabkan Kematian

Berita Terbaru

Lubuklinggau

Pj Walikota dan Jajaran Pantau Pelaksanaan Pemilu di Sejumlah TPS

Wednesday, 14 Feb 2024 - 03:09 WIB

Lubuklinggau

Pemkot Lubuklinggau Dukung Program Bedah Rumah Serentak se-Sumsel

Monday, 12 Feb 2024 - 03:12 WIB

Lubuklinggau

Hari Bhakti PU ke-78, Pj Wako Serahkan Bantuan Sembako

Thursday, 7 Dec 2023 - 02:13 WIB

Lubuklinggau

Wajib dikunjungi! Inilah 5 Tempat Wisata Di Kota Lubuklinggau

Thursday, 30 Nov 2023 - 03:40 WIB