Lampu mobil adalah komponen yang cukup vital dalam mobil terutama ketika kondisi perjalanan di malam hari. Tanpa adanya lampu, tentu saja resiko berkendara semakin tidak aman. Mungkin Sahabat bisa ditilang oleh pihak kepolisian atau bahkan bisa mengalami kecelakaan saat berada di jalan karena tidak dapat melihat jalanan atau objek lain dengan baik di depan. Ada banyak lampu mobil yang disematkan di sebuah kendaraan, di bagian depan ada headlamp dimana ada lampu utama, lampu senja dan lampu sein. Lalu masih di bagian depan namun sedikit ke bawah, ada lampu kabut. Di bagian belakang mobil, terdapat lampu rem, lampu sein dan lampu mundur.
1. Lampu mobil bagian depan
Lampu mobil depan atau headlamp memiliki 3 mode utama yakni, lampu senja, lampu dekat dan lampu jauh. Masing-masing dari lampu tersebut memiliki fungsi tersendi.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Lampu senja biasanya disebut sebagai lampu kota, fungsinya untuk memberi tanda kepada kendaraan lainnya jika mobil kita berada di suatu lintasan yang sama. Apakah lampu senja harus dinyalakan ketika hari sudah mulai gelap atau cuaca mendung? Jawabannya adalah harus.
Selain itu, terdapat mode selanjutnya pada lampu mobil bagian depan yakni lampu dekat dan lampu jauh. Dilansir dari divisihumasmabespolri, arah sinar lampu kendaraan dapat diatur dalam dua pilihan.
Pertama, low beam, sinar lampu yang menyorot ke arah bawah bagian depan jalan yang akan dilalui pengendara, atau biasa kita sebut lampu dekat. Kedua adalah High Beam. Sinar lampu mobil pada high beam ini menyorot ke arah tengah-depan jalan yang akan dilalui pengendara (sejajar posisi lampu), atau biasa kita menyebutnya lampu jauh.
Lampu mobil dekat, digunakan pada jalan-jalan yang mempunyai penerangan cukup, atau yang ramai lalu-lintasnya. Sementara lampu jauh, digunakan pada jalan-jalan yang sepi dan minim penerangan. Lampu jauh dilarang digunakan di jalan-jalan yang padat lalu-lintasnya atau jika ada pengendara lain dari arah yang berlawanan.
Karena sinar terang pada lampu jauh dapat menyebabkan pengendara di depan terganggu penglihatannya karena silau. Pada orang yang mengalami gangguan mata astigmatisme atau biasa disebut dengan mata silinder, kesilauan yang dirasa akan lebih intense.
Selanjutnya adalah lampu senja. Lampu mobil ini sifatnya sangat kondisional. Artinya, betul-betul tergantung pada tempat dan cuaca. Ketika sedang berada di daerah yang berkabut, lampu ini sebaiknya digunakan. Lampu yang disebut juga sebagai Fog Lamp ini, biasanya terletak di bagian bawah depan mobil. Fungsi Fog Lamp di belakang mobil adalah untuk memberi tanda kepada mobil lainnya, supaya mereka bisa menjaga jarak.
2. Lampu mobil bagian belakang
Lampu di bagian belakang bentuknya beraneka ragam tergantung jenis mobilnya. Ada yang berbentuk horizontal maupun vertikal. Namun pada intinya, walaupun berbeda bentuk desain lampunya, di dalam lampu mobil bagian
belakang selalu ada lampu rem, lampu sein dan lampu mundur.
Anda pasti sudah tau, kalau mobil yang menginjak pedal rem bakal menyalakan lampu mobil belakang yang berwarna merah. Apa fungsinya? Tentunya untuk memberi sinyal kepada mobil di belakang supaya mengurangi kecepatannya. Kalau mobil kamu tidak punya lampu rem, atau lampu mobil rem kamu rusak, wah, bahaya banget. Bisa-bisa anda ditabrak dari belakang oleh mobil lain.
Selanjutnya adalah lampu mobil yang berfungsi untuk memberi tanda ketika mobil bergerak mundur. Lampu ini terletak di bagian belakang mobil. Ketika mobil sedang mundur, maka lampu ini bakal menyala. Lampu ini berfungsi sebagai tanda mobil lain yang berada di belakang, supaya mereka tahu bahwa mobil kita hendak mundur. Biasanya warna lampu mundur adalah putih, alasannya cukup sederhana, karena putih jelas lebih menyilaukan mata. Jelas pengemudi di belakangnya akan waspada karena ada kendaraan yang bergerak ke arahnya.
Jika kamu menemukan salah satu lampu yang mati, mungkin beberapa komponen di bawah ini harus Anda cek.
• Sekring lampu mobil putus
Salah satu penyebab lampu depan mobil mati yang seringkali terjadi adalah kondisi sekring yang putus. Sekring kelistrikan di dalam mobil biasanya terkumpul dalam sebuah wadah kotak yang berada di bawah kanan dekat setir mobil. Sekring berbentuk seperti dua jari atau gigi. Carilah sekring yang berkaitan dengan lampu, cek kondisinya apakah memang putus atau tidak.
• Relay
Saat kondisi kunci kontak sedang on serta aki sedang aktif maka pastikan apakah penyebab lampu mobil mati total merupakan masalah bagi lampu besar tersebut. Biasanya akan terlihat lampu mati dan menyala saat kabel sedikit saja digoyangkan. Relay ini merupakan kotak yang berfungsi menghubungkan antara kabel dengan sumber listrik.
Jika memang terjadi masalah pada bagian kabel relay, maka cobalah untuk mengambil kabel yang masih utuh dan belum digunakan. Kemudian cabut pada bagian relay. Setelah itu jadikan kabel tersebut untuk menjadi penyambung langsung antara lampu dan sumber listrik. Namun lakukan ini saat kondisi sedang darurat dan terdesak saja. Setelah itu segera cari bengkel terdekat untuk memperbaiki lampu mobil mati total tersebut.
• Bohlam lampu mobil mati
Penyebab lampu mobil mati lainnya dapat dikarenakan lampu bohlam yang memang kondisinya mati. Faktor
-faktor yang dapat menyebabkannya adalah pemasangan bohlam lampu yang salah. Misalnya saja pemasangan bohlam lampu di bagian kacanya memang harus bersih dari kotoran atau minyak. Dengan kata lain tidak boleh sampai tersentuh dengan tangan. Jika anda memang ingin menggantinya, maka pastikan jangan sampai bagian kaca tersentuh oleh tangan.
• Tegangan kelistrikan tidak stabil
Tegangan pada sistem kelistrikan yang kurang stabil juga seringkali menyebabkan bohlam lampu mobil sering putus. Sistem kelistrikan yang tidak stabil atau terlalu tinggi menyebabkan lampu depan mobil tiba-tiba mati total.
Untuk memeriksanya, kamu bisa menggunakan voltmeter atau multimeter. Jika memang tegangannya terlalu tinggi atau rendah, maka cobalah untuk mengecek komponen seperti aki mobil yang memang sudah soak atau drop.
• Kondisi soket lampu kotor atau kendor
Jika Anda sering mengalami lampu mobil yang sering mati cobalah untuk mengecek pada bagian soket mobil, mungkin saja bagian tersebut memang kotor dan kendor. Kondisi soket lampu yang kotor atau kendor biasanya akan menyebabkan lampu mudah rusak dan putus.
Hal ini karena suplai listrik yang menuju lampu terhalang. Cobalah cek pada bagian soket lampu, jika memang kotor maka bersihkan dan rapikan kembali soket lampu yang kendor. Selain itu lakukan pembersihan secara berkala sebagai tips merawat lampu mobil agar lebih tahan lama.
• Switch leleh
Kondisi lampu mobil yang seringkali mati juga dapat disebabkan karena kondisi switch leleh. Kondisi seperti ini biasanya dapat pengemudi rasakan saat mengoperasikan mobil. Switch yang meleleh akan terasa seret saat dijalankan. Untuk mengetahui gejala-gejala yang lebih pasti maka cobalah untuk memeriksakan di bengkel yang memang sudah terpercaya.
Nah itu tadi beberapa jenis lampu mobil dan penyebab lampu depan mobil mati serta bagaimana cara mengatasinya.