Jangan Anggap Remeh! Inilah Khasiat Dari Alang-Alang Untuk Kesehatan

Thursday, 28 March 2024 - 13:19 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Alang-alang atau ilalang (Imperata cylindrica) adalah sejenis rumput berdaun tajam, yang kerap menjadi gulma di lahan pertanian. Rumput ini juga dikenal dengan nama-namanya yang unik karena memiliki perbedaan nama di beberapa wilayah, diambil dari bahasa daerah, seperti: alalang, halalang (Banjar, Minang), lalang (Melayu, Madura), Amengan (Bali), Eurih (Sunda), rih (Batak), jih (Gayo), re (Sasak, Sumbawa), rii, kii, ki (Flores), rie (Tanimbar), reya (Sulsel), eri, weri, weli (Ambon dan Seram), kusu-kusu (Menado, Ternate dan Tidore), nguusu (Halmahera), wusu, wutsu (Sumba) dan lain-lain. Nama ilmiahnya adalah Imperata cylindrica, dan ditempatkan dalam anak suku Panicoideae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai bladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail, mengacu pada malai bunganya yang berambut putih halus. Orang Belanda menamainya snijgras, karena sisi daunnya yang tajam mudah melukai. Berikut beberapa khasiat dari alang-alang untuk kesehatan.

Baca Juga  Ketahui Manfaat Dibalik Segarnya Selasih!

1. Dapat mengatasi diare
Manfaat akar alang-alang adalah berperan sebagai obat diare, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Manfaat ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi air rebusan akar tanaman tersebut dengan takaran yang tepat. Untuk mencobanya, kamu bisa mencuci 250 gram akar alang-alang, yang kemudian direbus dengan dua gelas air selama 15 menit. Lalu saring air rebusan tersebut, dan minum air yang sudah disaring. Konsumsi air rebusan ini perlu dilakukan segera setelah buang air besar.

2. Mengatasi panas dalam
Khasiat akar alang-alang ini bisa dibilang paling terkenal yakni sebagai obat alami untuk mengatasi panas dalam. Maka dari bila kemudian banyak produk minuman penghilang panas dalam menyertakan akar alang-alang sebagai salah satu komposisinya. Dengan begitu sekarang bagi kamu yang sedang panas dalam tidak akan kerepotan lagi jika ingin memperoleh manfaat dari akar alang-alang karena sudah dapat dikonsumsi dengan lebih mudah dan praktis.

3. Obat mimisan
Hidung berdarah atau sering kita sebut dengan mimisan ternyata dapat diobati dengan akar alang-alang. Khasiat akar alang-alang untuk kesehatan ini bisa kamu dapatkan dengan cara yang mudah. Cukup cuci bersih akar alang-alang, kemudian tumbuk hingga memar dan berair. Setelah itu peras sampai hanya tersisa airnya, kemudian minumlah air sari dari akar.

4. Obat Asma
Manfaat akar alang-alang selanjutnya ternyata juga bisa mengatasi penyakit pernapasan seperti asma. Bahkan untuk mendapatkan manfaat obat asma dari akar alang-alang juga tidak sulit. Cara membuat ramuan tradisional ini adalah dengan menyiapkan 100 gram akar alang-alang, 50 gram sirih, dan 50 gram kencur. Rebus ketiga bahan ini hingga mendidih dengan 200 ml air. Setelah mendidih, ramuan disaring dan diminum secara rutin agar asma dapat berhenti. Namun perlu juga diketahui berbagai pantangan kegiatan dan makanan bagi penderita asma untuk mencegahnya agar tidak sering kambuh.

Baca Juga  Bisakah Kanker Darah Diobati?

5. Obat radang ginjal
Manfaat akar alang-alang juga dipercaya sebagai obat radang ginjal yang ampuh, bahkan untuk mengatasi radang ginjal yang sudah parah. Untuk mendapatkan manfaat akar alang-alang sebagai obat radang ginjal, siapkan 30 gr atau secukupnya akar ilalang, potong kecil-kecil rebus dengan 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas kemudian diminum secara rutin 3 kali sehari. Namun tetap mengecek keadaan penyakit kamu.

Demikianlah khasiat dari alang-alang yang wajib kamu ketahui.

 

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Miris, Pria Asal Tasikmalaya, Lampiaskan Nafsunya ke 300 Ayam Hingga Mati
Kenali 5 Manfaat Tersembunyi Dari Kacang Tanah
5 Khasiat Keong Sawah, Belom Banyak Diketahui Orang!
5 Khasiat Tersembunyi Dari Telur Asin
Wow Segudang Manfaat Tersembunyi Dari Belut
Ragam Khasiat Dari Telur Puyuh!
Tips Mengatasi Sakit Gigi Yang Terbukti Ampuh
Wow! Fakta Unik Sayur Gambas(Oyong)
Tag :

Berita Terkait

Sunday, 12 November 2023 - 13:56 WIB

6 Kuliner dan Makanan Khas Musi Rawas Yang Wajib Anda Coba

Sunday, 5 November 2023 - 01:26 WIB

Bupati Ratna Machmud Tutup Musi Rawas Festival Tahun 2023

Monday, 12 June 2023 - 12:15 WIB

Satu Rumah Panggung Di Selangit Ludes Terbakar

Sunday, 21 May 2023 - 00:56 WIB

Bupati Musi Rawas Serahkan Bantuan Pembangunan Masjid Sebesar 50juta dan Santunan Anak Yatim

Monday, 17 April 2023 - 06:05 WIB

Polres Musi Rawas Amankan Pencuri Buah Kelapa Sawit

Friday, 31 March 2023 - 17:07 WIB

Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud melantik 215 Pejabat

Wednesday, 29 March 2023 - 03:27 WIB

Bupati Musi Rawas Serahkan bantuan Korban Banjir di Desa Semangus

Wednesday, 29 March 2023 - 03:19 WIB

Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kabupaten Musi Rawas Tahun 2022 Peringkat Pertama Se Sumsel

Berita Terbaru

Sumsel

Lempok Durian Camilan Khas dari Sumatera Selatan

Friday, 5 Jul 2024 - 10:57 WIB

Food & Travel

Mengenal “Kudok” Senjata Tradisional Khas Sumatra Selatan

Friday, 5 Jul 2024 - 10:38 WIB