Rebung Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan, Bagus Untuk Menu Diet!

Monday, 4 March 2024 - 08:26 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Rebung adalah tunas atau anakan yang masih muda yang tumbuh dari akar bambu. Penduduk Indonesia maupun Asia umumnya memanfaatkan rebung bambu sebagai bahan makanan. Rebung bambu termasuk salah satu sayuran yang disukai banyak orang karena teksturnya yang renyah dan rasa manis serta aroma khas yang dimilikinya. Rebung memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan dua belas asam amino penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Konsumsi rebung secara teratur diyakini merupakan salah satu tindakan preventif untuk menghambat berbagai jenis penyakit.

Rebung mengandung vitamin A, B6, E, folat, niasin, riboflavin, tiamin dan asam pantotenat. Selain itu, rebung juga diperkaya dengan berbagai macam mineral seperti selenium, kalium, magnesium, natrium, kalsium, fosfor, seng, mangan, besi dan tembaga. Komposisi kimia rebung mentah per 100 gram terdiri dari protein 2,6 %, lemak 0,3 %, karbohidrat 5,2 %, dan air 91 %. Berikut manfaat dari rebung untuk kesehatan yang wajib anda ketahui:

1. Mencegah penyakit kanker

Rebung memiliki kandungan fitosterol yang bersifat antikanker. Kandungan ini mampu menurunkan risiko kanker lambung, kanker payudara, hingga kanker ovarium. Bukan itu saja, melansir dari jurnal Hindawi dengan judul The Nutritional Facts of Bamboo Shoots and Their Usage as Important Traditional Foods of Northeast India, kandungan fitosterol pada tanaman rebung mampu menurunkan risiko jenis kanker lainnya, seperti kanker usus besar hingga prostat.

2. Menurunkan kadar kolestrol

Rebung menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kandungan fitonutrien dan fitosterol yang ada di dalam rebung dapat menurunkan kadar lemak buruk yang ada di dalam darah. Menurunnya kadar LDL pada akhirnya akan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, khasiat rebung lainnya adalah menjaga kadar glukosa tetap stabil.

3. Menjaga kekebalan tubuh

Ternyata, manfaat sayur rebung juga bisa dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, lho. Khasiat rebung bambu dapat memaksimalkan produksi sel darah putih yang bertanggung jawab untuk mempertahankan tubuh dalam melawan infeksi.

Bahkan, manfaat ini juga bisa didapatkan oleh ibu hamil. Mungkin banyak yang penasaran, bolehkah ibu hamil makan rebung?
Nyatanya, rebung boleh dikonsumsi selama kehamilan. Namun, dianjurkan untuk hanya memakannya sekitar 1-2 hari dalam sebulan. Rebung untuk ibu hamil dapat memperkuat imunitas tubuh dan mencegah penyakit flu.

4. Membantu menurunkan berat badan

Karena rebung adalah salah satu makanan yang sering dioleh menjadi sayur, bagi Anda yang sedang menjalan program diet, mengonsumsi rebung adalah pilihan yang terbaik. Manfaat sayur rebung dengan kandungan serat yang tinggi dan kadar lemak serta kalori yang juga rendah, membuat rebung baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Selain membantu menurunkan berat badan, rebung juga bisa memperlancar buang air besar sekaligus menyehatkan usus.
Kandungan serat pada rebung akan membuat perut terasa kenyang hingga nafsu makan mudah dikendalikan. Manfaat rebung dalam menunjang program diet alami akan efektif karena rebung mengandung gula dan lemak yang rendah. Dalam 100 gram rebung mengandung gula sekitar 2,5 gram dan 0,49 gram lemak.

Baca Juga  10 Makanan dan Minuman yang Bisa Menjadi Penyebab Kamu Mengalami Diare

Akan tetapi, manfaat ini tidak bisa dirasakan sepenuhnya apabila kamu mengolah rebung dengan santan, minyak, atau campuran lain yang berpotensi merusak khasiat dari rebung.

Demikianlah manfaat mengenai rebung untuk kesehatan.

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Kenali 5 Manfaat Tersembunyi Dari Kacang Tanah
5 Khasiat Keong Sawah, Belom Banyak Diketahui Orang!
5 Khasiat Tersembunyi Dari Telur Asin
Wow Segudang Manfaat Tersembunyi Dari Belut
Ragam Khasiat Dari Telur Puyuh!
Tips Mengatasi Sakit Gigi Yang Terbukti Ampuh
Wow! Fakta Unik Sayur Gambas(Oyong)
Kenalin Khasiat Dari Okra Yang Wajib Kamu Ketahui!

Berita Terkait

Tuesday, 21 May 2024 - 11:13 WIB

Pj Wako Hadiri Peresmian PT PLN (Persero) UP3 Lubuklinggau

Thursday, 16 May 2024 - 14:09 WIB

Pj Sekda Sidak Pasar

Thursday, 16 May 2024 - 14:04 WIB

Pj Ketua TP PKK Hadiri Pembukaan Expo HUT Dekranas Di Surakarta

Thursday, 16 May 2024 - 13:59 WIB

Taman Kurma akan Disulap Menjadi Alun-alun Merdeka

Thursday, 16 May 2024 - 13:51 WIB

Pj Wako Lubuklinggau Hadiri Rapat Paripurna Istimewa Peringatan Hari Jadi Provinsi Sumsel ke 78

Thursday, 16 May 2024 - 13:37 WIB

Pj Wako Buka Kegiatan GPM

Tuesday, 14 May 2024 - 11:03 WIB

Pj Wako Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Via Zoom Meeting

Friday, 10 May 2024 - 12:32 WIB

Wamenaker Dianugerahi Gelar Kehormatan Pangeran Rimbun Alam Cipta Negeri

Berita Terbaru

Lubuklinggau

Pj Wako Hadiri Peresmian PT PLN (Persero) UP3 Lubuklinggau

Tuesday, 21 May 2024 - 11:13 WIB

Lubuklinggau

Pj Sekda Sidak Pasar

Thursday, 16 May 2024 - 14:09 WIB

Lubuklinggau

Pj Ketua TP PKK Hadiri Pembukaan Expo HUT Dekranas Di Surakarta

Thursday, 16 May 2024 - 14:04 WIB

Lubuklinggau

Taman Kurma akan Disulap Menjadi Alun-alun Merdeka

Thursday, 16 May 2024 - 13:59 WIB